Kurikulum Merdeka
Dalam Kurikulum Merdeka, pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 6 SD berada pada Fase C, yang mencakup kelas 5 dan 6. Tujuan pembelajaran dalam fase ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi literasi siswa melalui empat elemen utama: menyimak, membaca dan memirsa, berbicara dan mempresentasikan, serta menulis. Berikut adalah rincian tujuan pembelajaran untuk masing-masing elemen:
1. Menyimak:
- Menganalisis informasi berupa fakta dan prosedur dengan mengidentifikasi ciri objek, urutan proses kejadian, dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks informatif dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural, dan audio.
2. Membaca dan Memirsa:
- Memahami ide pokok suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural, dan audiovisual.
- Menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik teks sastra, seperti puisi dan fabel.
3. Berbicara dan Mempresentasikan:
- Menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan pendengar sesuai kaidah dan konteks.
- Menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan; pilihan kata yang tepat sesuai dengan norma budaya; menyampaikan informasi dengan fasih dan santun.
- Menyampaikan perasaan berdasarkan fakta dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
4. Menulis:
- Menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca.
- Menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan.
- Menyampaikan perasaan berdasarkan fakta dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
Tujuan-tujuan pembelajaran ini bertujuan untuk membekali siswa dengan kemampuan berbahasa Indonesia yang komprehensif, mencakup pemahaman, analisis, dan produksi berbagai bentuk teks, serta keterampilan berkomunikasi yang efektif dan kreatif.