Peserta didik/konseli mampu menyesuaikan diri serta beradaptasi secara baik berkaitan dengan lingkungan sekolah baru.

Informasi Umum

1. Penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah yang baru
2. Belajar menyesuaikan diri
3. Persiapan belajar dalam mengikuti KBM
4. Belajar mandiri

Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik/konseli dapat beradaptasi dengan teman, guru, karyawan di sekolah
2. Pesera didik/konseli menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru
3. Peserta didik/konseli dapat memahami persiapan belajar dalam mengikuti KBM

Kegiatan

Tahap Awal
1. Membuka dengans salam dan berdoa
2. Membina hubungan baik dengan siswa (presensi, menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Menyampaikan tujuan layanan materi Bimbingan dan Konseling
4. Menanayakan kesiapan kepada peserta didik
Tahap Inti
1. Guru BK menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2. Peserta didik mengamati slide pp yang berhubungan dengan materi layanan
3. Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab
4. Guru BK membagi kelas menjadi beberapa kelompok mengidentifikasi pengenalan sekolah.
5. Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya
6. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompk didepan kelas.
Tahap Penutup
1. Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan yang terkait dengan materi layanan
2. Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan datang
3. Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam

Asesmen

Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1. Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan di kertas yang sudah disiapkan.
2. Sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3. Cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4. Cara peserta didik memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain :
1. Merasakan suasana pertemuan : menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3. Cara Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan : mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4. Kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti

Lampiran

1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs kelas 7, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. http://mintotulus.wordpress.com


Dokumen Pendukung:RPL BK (1) KELAS 7 SMP TK SEMESTER GANJIL TA 2023-2024.pdf


Penulis: Diah Fiat Febriastuti, S.Pd | Guru Bimbingan Konseling

By diah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *