Peserta didik telah dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi pola langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi, dan irama gerak sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan dan menganalisis aktivitas pembelajaran variasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas variasi gerak berirama sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan meregulasi dan menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagai, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan meregulasi diri, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

  Persiapan mengajar Hal-hal yang harus dipersiapkan guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran antara lain sebagai berikut: Membaca kembali Modul Ajar yang telah dipersiapkan guru sebelumnya.Membaca kembali buku-buku sumber yang berkaitan dengan aktivitas gerak berirama.Menyiapkan alat pembelajaran, diantaranya:Lapangan olahraga atau halaman sekolah (ruangan kelas).Tipe recorder.Kaset senam ritmik/aktivitas gerak beriramaPeluit dan stopwatch.Lembar Kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas gerak.   Kegiatan pengajaran Langkah-langkah kegiatan pengajaran antara lain sebagai berikut:   Kegiatan pendahuluan (15 Menit)Guru meminta salah seorang peserta didik untuk menyiapkan barisan di lapangan sekolah dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada peserta didik.Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa, dan peserta didik berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing.Guru memastikan bahwa semua peserta didik dalam keadaan sehat, bila ada peserta didik yang kurang sehat (sakit), maka guru meminta peserta didik tersebut untuk berisitirahat di kelas.Guru memotivasi peserta didik untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajukan pertanyaan tentang manfaat olahraga bagi kesehatan dan kebugaran.Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, dengan cara tanya jawab.Guru menjelaskan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik setelah proses pembelajaran (seperti yang tercantum dalam indikator ketercapaian kompetensi) disertai dengan penjelasan manfaat dari kegiatan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama adalah salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan prestasi cabang olahraga senam ritmik.Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari yaitu: aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama.Guru menjelaskan teknik asesmen untuk kompetensi aktivitas gerak berirama, baik kompetensi sikap (profil Pelajar Pancasila) dengan observasi dalam bentuk jurnal, yaitu pengembangan nilai-nilai karakter gotong royong dan mandiri, kompetensi pengetahuan: menganalisis aktivitas gerak berirama menggunakan tes tertulis, dan kompetensi terkait keterampilan yaitu: mempraktikkan aktivitas gerak berirama, dengan menekankan pada pengembangan nilai-nilai karakter antara lain: gotong royong dan mandiri. Dilanjutkan dengan pemanasan agar peserta didik terkondisikan dalam materi yang akan diajarkan dengan perasaan yang menyenangkan. Pemanasan dalam bentuk game “BAN MELINGKAR”Nama permainannya adalah bermain bergerak bereaksi mengikuti perintah guru.                
Panduan Pelaksanaan: Siswa dibentuk kelompok dan membentuk lingkaran dan berpegangan tangan. Sebuah ban yang terbuat dari selang/holahoop digantung di antara dua siswa. Tujuan permainan ini adalah agar semua siswa bergerak melalui lingkaran secepat mungkin. Cara pelaksanannya terserah masing-masing kelompok, tetapi tangan para siswa tidak boleh saling melepaskan. Guru menghitung  putaran yang dapat dilakukan kelompok tersebut dalam tiga menitGame dapat divariasikan dengan Semua siswa menutup mata mereka.   Kegiatan Inti (90 Menit) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran inti dengan prosedur sebagai berikut: Peserta didik menyimak informasi dan peragaan materi tentang aktivitas gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama.Peserta didik membagi diri ke dalam kelompok sesuai dengan petunjuk guru.Peserta didik merancang rangkaian aktivitas gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama sesuai dengan gerakan yang dikuasai dan kreativitas kelompok dalam bentuk tulisan dan gambar (paling tidak memuat dua puluh gerakan dan menuju tiga arah.Setiap anggota kelompok mencoba secara bersama-sama rancangan rangkaian aktivitas gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama tersebut dan saling memberikan umpan balik.Peserta didik memaparkan rancangan kelompoknya, disertai peragaan seluruh anggota kelompok secara bergantian di depan kelas.Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran dalam bentuk aktivitas gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama dan peragaan yang dilakukan.   Aktivitas 1         
Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan variasi gerak berirama. Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur variasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas variasi gerak berirama, dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru   Bentuk-bentuk aktivitas variasi gerak spesifik gerak berirama, antara lain sebagai berikut:   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik langkah biasa atau loopaas  Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.                        
Panduan Pelaksanaannya: Pada gerakan langkah biasa, sikap awal berdiri secara tegak. Sewaktu berdiri tegak, kedua tangan berada di pinggang. Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan dari mulai tumit, telapak dan disusul dengan ujung jari. Pada hitungan kedua, kaki kirilah yang dilangkahkan persis seperti ketika melangkahkah kaki kanan. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik langkah depan atau galopaas  Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.                        
Panduan Pelaksanaannya: Pada gerakan langkah depan, sikap awal berdiri secara tegak. Pastikan kedua tangan tepat berada di pinggang. Pada hitungan 1: kaki kanan harus dilangkahkan ke arah depan. Pada hitungan 2: kaki kirilah yang dilangkahkan ke depan dan akhirnya bisa melangkah dengan kaki kanan bersama-sama. Kedua kaki bisa kemudian melangkah secara bergantian dan lanjutkan untuk beberapa hitungan ke depan secara berulang.  Hitungan tergantung dari pemimpin senam irama atau ketukan irama musik. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik langkah rapat atau bijtrekpas  Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.                  
Panduan Pelaksanaannya: Pada gerakan langkah rapat, sikap awal berdiri secara tegak. Tangan keduanya harus berada di pinggang. Pada hitungan pertama, kaki kanan langkahkan ke arah depan. Pada hitungan kedua, kaki kirilah yang menyusul melangkah ke arah depan. Kaki kiri yang dilangkahkan ke arah depan kemudian bisa sejajar dengan kaki kanan. Kaki kemudian keduanya dilangkahkan secara bergantian. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik langkah samping atau zijpas  Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.                    
Panduan Pelaksanaannya: Pada gerakan langkah samping, sikap awal berdiri secara tegak. Tangan keduanya bisa berada di pinggang. Pada hitungan pertama, kaki kanan langkahkan ke arah samping kanan. Pada hitungan kedua, kaki kiri kemudian menyusul melangkah ke samping kanan juga dan dirapatkan dengan kaki kanan tadi. Lanjutkan dengan gerakan mengarah ke kiri. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik lompat ke depan  Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.                  
Panduan Pelaksanaannya: Pada gerakan lompat ke depan, sikap awal berdiri secara tegak. Seperti biasa, tangan keduanya sebaiknya berada di pinggang. Pada hitungan pertama, ambil gerakan lompatan kaki kanan, sambil juga mengayunkan kaki kiri.Pada hitungan kedua, ambil gerakan lompatan kaki kiri sambil mengayunkan kaki kanan. Gerakan tersebut bisa dilakukan secara bergantian. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik lompat dengan membuka dan menutup kaki Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.            
    Panduan Pelaksanaannya: Pada gerakan lompat dengan membuka dan menutup kaki, sikap awal berdiri secara tegak. Pastikan posisi kedua tangan berada di pinggang. Pada hitungan pertama, bukalah kaki keduanya melebar ke arah samping. Pada hitungan kedua, tutup rapat kedua kaki secara bersamaan. Gerakan harus dilakukan secara berulang kali dan terusmenerus sesuai dengan hitungan yang diterapkan. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik langkah keseimbangan Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.                   Panduan Pelaksanaannya: Pada gerakan keseimbangan, sikap awal berdiri secara tegak. Pada hitungan pertama, kaki kirilah yang digerakkan maju ke depan. Pada hitungan kedua, kaki kanan bisa menyusul dengan dilangkahkan ke depan. Tumit pastikan masih terangkat ketika kaki kiri mundur dan kaki kanan kemudian menyusuk mundur rapat. Gerakan harus dilakukan secara berulang kali dan terusmenerus sesuai dengan hitungan yang diterapkan. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama, peserta didik diminta untuk merasakan otot-otot apa saja yang dapat teregang dan berkontraksi. Peserta didik diminta menuliskan kesulitan-kesulitan, kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan aktivitas pembelajaran gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama. Kemudian laporkan hasil capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas kepada guru.         Aktivitas 2       
  Setelah peserta didik melakukan aktivitas keterampilan gerak spesifik langkah kaki aktivitas gerak berirama, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas keterampilan gerak spesifik ayunan lengan aktivitas gerak berirama. Bentuk-bentuk aktivitas keterampilan gerak spesifik ayunan lengan aktivitas gerak berirama, antara lain sebagai berikut:   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik ayunan lengan setinggi bahu                             
Panduan Pelaksanaannya: Pada gerakan ayunan lengan setinggi bahu, sikap awal berdiri secara tegak. Lengan keduanya bisa dirapatkan pada sisi badan dan kemudian lanjutkan jalan di tempat. Lengan kanan bisa diayunkan dari samping badan hingga setinggi bahu, lalu bentuklah 90 derajat dan lengan bisa turunkan kembali. Gerakan tersebut bisa dilakukan di tempat. Gerakan kemudian bisa dilakukan menggunakan lengan satunya dan demikian terus secara bergantian. Ulangi gerakan ini terus-menerus dalam hitungan tertentu secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik ayunan lengan ke atas secara lurus                     
Panduan Pelaksanaannya: Pada gerakan ayunan lengan ke atas secara lurus, sikap awal berdiri secara tegak. Lakukan jalan di tempat di mana kedua tangan dirapatkan pada sisi tubuh. Lengan kemudian bisa kita ayunkan dari samping tubuh lurus ke atas dan kembali lagi. Setelah bisa melakukan ini, lakukan menggunakan tangan satunya dan tetap harus ada di tempat. Lakukan gerakan ini secara berulang pada hitungan tertentu sesuai dengan instruksi instruktur senam. Lakukan secara bergantian sambil juga kaki ikut digerakkan secara selaras mengikuti irama iringan musik atau ketukan. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik ayunan lengan merentangkan lengan                  
Panduan Pelaksanaannya: Pada gerakan merentangkan lengan, sikap awal berdiri secara tegak.Lanjutkan dengan jalan di tempat dan pastikan tangan keduanya ada di samping tubuh dalam keadaan rapat. Tangan keduanya juga kita kepalkan kemudian di depan dada sambil mengangkat siku sejajar dengan bahu. Gerakan meluruskan lengan kanan ke samping kanan bisa dilakukan, lalu tekuklah lengan kembali. Lakukan hal yang sama seperti gerakan di atas menggunakan lengan kiri. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik mendorong lengan ke atas            
      Panduan Pelaksanaannya: Pada gerakan mendorong lengan ke atas, sikap awal berdiri secara tegak. Berjalan di tempat dan kedua tangan bisa dirapatkan di samping tubuh. Kemudian kepalkan tangan keduanya di pinggang dengan telapak tangan mengarah ke atas sementara itu juga jangan lupa menekuk bagian siku. Tangan kanan kemudian dorong ke atas, lanjutkan dengan memutar pergelangan tangan supaya telapak tangan menghadap ke arah depan. Lanjutkan gerakan dengan kembali pada sikap semula. Setelah tangan kanan sudah oke, lakukan gerakan menggunakan tangan kiri dan lanjutkan seperti itu berkelanjutan dan berulang kali. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik keterampilan ayunan satu lengan ke belakang dan ke depan                              
Panduan Pelaksanaannya: Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri menyilang bergantian dan kedua lengan lurus ke depan. Hitungan 1 : Lengan kiri diayunkan kebelakang. Hitungan 2 : Lengan kiri diayunkan ke depan.Hitungan 3 : Lengan kanan diayunkan ke belakang. Hitungan 4 : Lengan kanan diayunkan ke depan. Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan.Kembali ke sikap semula. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik keterampilan ayunan dua tangan ke belakang dan ke depan                              
Panduan Pelaksanaannya: Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan.Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke belakang samping kiri.Hitungan 2 : Kedua lengan diayunkan kembali ke depan.Hitungan 3 : Kedua lengan diayunkan ke belakang samping kanan. Hitungan 4 : Kedua lengan diayunkan kembali ke depan. Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan. Kembali ke sikap semula. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik keterampilan ayunan lengan silang dan rentang di muka badan                            
Panduan Pelaksanaannya: Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan direntangkan. Hitungan 1 : Kedua lengan disilangkan di depan dada. Hitungan 2 : Kedua lengan terentang setinggi bahu. Hitungan 3 : Arahkan pandangan ke bahu kanan secara bergantian. Kembali ke sikap semula. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan. Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik keterampilan ayunan lengan melingkar di atas kepala                            
Panduan Pelaksanaannya: Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan. Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke kanan melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala. Hitungan 2 : Berdiri tegak, langkahkan kaki kanan dan kedua lengan lurus ke depan. Hitungan 3 : Kedua lengan diayunkan ke kiri melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.Hitungan 4 : Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri dan kedua lengan lurus ke depan. Pandangan mengikuti gerakan lengan. Kembali ke sikap semula. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik keterampilan ayunan satu lengan horizontal ke kiri dan ke kanan                            
Panduan Pelaksanaannya: Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan direntangkan. Hitungan 1 : Lengan kiri diayun ke kanan di depan badan. Hitungan 2 : Lengan kiri diayun ke kiri (sikap semula). Hitungan 3 : Lengan kanan diayun ke kiri di depan badan. Hitungan 4 : Lengan kanan diayun ke kanan (sikap semula) Setiap ayunan diikuti dorongan panggul. Kembali ke sikap semula. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik keterampilan ayunan kedua lengan ditarik ke dada dan didorong ke depan                      
Panduan Pelaksanaannya: Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan. Hitungan 1 : Kedua lengan diluruskan di depan dada. Hitungan 2 : Kedua lengan ditarik di depan dada. Hitungan 3 : Kedua lengan didorong ke depan (sikap semula) Setiap ayunan diikuti dorongan panggul. Kembali ke sikap semula. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik keterampilan ayunan dua tangan setinggi bahu                          
Panduan Pelaksanaannya: Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua lengan lurus ke samping kanan. Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke kiri. Hitungan 2 : Kedua lengan diayunkan ke kanan. Hitungan 3: Kedua lengan diayun melingkar satu lingkaran ke kiri di atas kepala. Hitungan 4 : Kedua lengan lurus ke samping kiri. Setiap gerakan ini diulang, ayunan lengan dari samping kiri. Kembali ke sikap semula. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak dalam aktivitas pembelajaran gerak spesifik keterampilan ayunan satu lengan ke kaki kanan dan kiri secara bergantian                            
Panduan Pelaksanaannya: Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua tangan direntangkan. Hitungan 1 : Tangan kanan diayun menyentuh ujung kaki kiri dan badan membungkuk. Hitungan 2 : Tangan kembali diayun ke sikap semula. Gerakan dilakukan bergantian dengan tangan kiri. Kembali ke sikap semula. Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.   Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama, peserta didik diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan, kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama. Kemudian laporkan hasil capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas kepada guru.   Kegiatan Penutup (15 menit)Salah seorang peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan aktivitas pembelajaran.Guru menginformasikan kepada peserta didik, kelompok dan peserta didik yang paling baik penampilannya selama pembelajaran aktivitas gerak berirama.Guru menugaskan peserta didik yang terkait dengan pembelajaran yang telah dilakukan untuk membaca dan membuat kesimpulan tentang variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama, hasilnya dijadikan sebagai tugas penilaian penugasan.Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, dan bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.  

ASSESMENT

  1. Asesmen Sikap

Penilaian Pengembangan Karakter (Dimensi Mandiri dan Gotong Royong)

  1. Petunjuk Penilaian (Lembar Penilaian Sikap Diri)
    1. Isikan identitas kalian.
    1. Berikan tanda cek (√) pada kolom “Ya” jika sikap yang ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap Kalian, dan “Tidak” jika belum sesuai.
    1. Isilah pernyataan tersebut dengan jujur.
  • Hitunglah jumlah jawaban “Ya”.
    • Lingkari kriteria Sangat Baik, Baik, atau Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi.
  • Rubrik Asesmen Sikap
NoPernyataanYaTidak
1.Saya membuat target penilaian yang realistis sesuai kemampuan dan minat belajar yang dilakukan.  
2.Saya memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan yang dihadapi.  
3.Saya menyusun langkah-langkah dan strategi untuk mengelola emosi dalam pelaksanaan belajar.  
4.Saya merancang strategi dalam mencapai tujuan belajar.  
5.Saya mengkritisi efektivitas diri dalam bekerja secara mandiri dalam mencapai tujuan.  
6.Saya berkomitmen dan menjaga konsistensi dalam mencapai tujuan yang telah direncanakannya.  
7.Saya membuat tugas baru dan keyakinan baru dalam melaksanakannya.  
8.Saya menyamakan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan tujuan kelompok.  
9.Saya memahami hal-hal yang diungkapkan oleh orang lain secara efektif.  
10.Saya melakukan kegiatan kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya dapat saling membantu.  
11.Saya membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama.  
12.Saya tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya di masyarakat.  
13.Saya menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu.  
14.Saya mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat.    
Sangat BaikBaikPerlu Perbaikan
Jika lebih dari 10 pernyataan terisi “Ya”Jika lebih dari 8 pernyataan terisi “Ya”Jika lebih dari 6 pernyataan terisi “Ya”
  • Asesmen Pengetahuan
TeknikBentukContoh InstrumenKriteria Penilaian
Tes TulisPilihan ganda dengan 4 opsi1.  Perhatikan pernyataan/pernyataan dan gambar berikut. Pada teknik langkah biasa, ambil saja sikap awal dengan tubuh berdiri secara tegak. Pastikan sewaktu berdiri tegak, tangan kedua-duanya ada pinggang. Pada hitungan pertama, kaki kanan bisa dilangkah-kan dari mulai tumit, telapak dan disusul dengan ujung jari. Pada hitungan kedua, kaki kirilah yang dilangkahkan persis seperti ketika melangkahkah kaki kanan.   Pernyataan-pernyataan dan gambar tersebut merupakan gerakan langkah kaki . . . . A. rapat atau bijtrekpas  B. biasa atau looppas C. depan atau galoppas      D. keseimbangan   Kunci: B. biasa atau looppasJawaban benar mendapatkan skor 1 dan Salah 0
Uraian tertutup1.  Jelaskan urutan cara melakukan gerak spesifik langkah depan atau galappas.    Mendapatkan skor; 4, jika seluruh urutan dituliskan dengan benar dan isi benar. 3, jika urutan
  Kunci:  Pastikan kedua tangan tepat berada dipinggang. Pada hitungan pertama, kaki kanan harus dilangkahkan kearah depan. Pada hitungan kedua, kaki kirilah yang dilangkahkan ke depan dan akhirnya bisa melangkah dengan kaki kanan bersama-sama. Kedua kaki bisa kemudian melangkah secara bergantian dan lanjutkan untuk beberapa hitungan ke depan secara berulang.  Hitungan tergantung dari pemimpin senam irama atau ketukan irama musik.dituliskan salah tetapi isi benar. 2, jika sebagian urutan dituliskan dengan benar dan sebagian isi benar. 1, jika urutan dituliskan salah dan sebagian besar isi salah.
  • Penilaian Keterampilan
  • Tes kinerja vriasi Gerakan Aktivitas Gerak Berirama
  • Butir Tes

Lakukan aktivitas variasi dan kombinasi gerak rangkaian langkah kaki ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk).

  • Petunjuk Penilaian

Berikan (angka)  pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan gerak spesifik yang diharapkan.

  • Rubrik Penilaian Keterampilan Gerak

Contoh lembar penilaian proses gerak untuk perorangan (setiap peserta didik satu lembar penilaian).

REFERENSI

Muhajir. 2017. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk SMP/M.Ts Kelas VIII. Bogor : Penerbit Yudhistira.

Muhajir. 2017. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk SMP/M.Ts Kelas VIII. Bogor : Penerbit Yudhistira.

Muhajir. 2020. Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk SMP/M.Ts Kelas VIII. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud.

Muhajir. 2020. Belajar dan Berlatih Aktivitas Gerak Berirama. Bandung: Sahara Multi Trading.

Tim Direktorat SMP. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Direktorat SMP. 2016. Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

LAMPIRAN

By diah

One thought on “Aktifitas Gerak Berirama”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *