Peserta didik/konseli dapat  mengerti dan memahami  tentang Masa Remaja dan Perubahannya yang terjadi pada dirinya.

Informasi Umum

  1. Pengertian Remaja
  2. Perubahan Fisik
  3. Perubahan Psikis
  4. Perubahan Tanggungjawab

Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik/konseli dapat beradaptasi dengan teman, guru, karyawan di sekolah
  2. Pesera didik/konseli menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru
  3. Peserta didik/konseli dapat memahami persiapan belajar dalam mengikuti KBM

Kegiatan

Tahap Awal :
1. Membuka dengans salam dan berdoa
2. Membina hubungan baik dengan siswa (presensi, menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Menyampaikan tujuan layanan materi Bimbingan dan Konseling
4. Menanyakan kesiapan kepada peserta didik
Tahap Inti :
Aktivitas 1 :
1. Guru BK menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2. Peserta didik mengamati slide pp yang berhubungan dengan materi layanan
3. Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab
4. Guru BK memberi tugas menjawab pertanyaan berkaitan dengan materi.
5. Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Aktivitas 2 :
6. Guru BK membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
7. Guru BK memberi tugas kepada masing-masing kelompok
8. Peserta didik membuat gambar laki-laki dan perempuan dengan menuliskan perubahan pada sticky note
9. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas.
Tahap Penutupan :
1. Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan yang terkait dengan materi layanan
2. Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan datang
3. Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam  

Assesment

Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1.  Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan di kertas yang sudah disiapkan.
2.  Sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3.  Cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya 4.  Cara peserta didik memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain :
1.  Merasakan suasana pertemuan : menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2.  Topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting 3.  Cara Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan : mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4.  Kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti

Lampiran

1.  Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs kelas 7, Yogyakarta, Paramitra Publishing

2.  MODUL PENDIDIKAN : KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA 2022

Dokumen Pendukung :

RPL-BK-MATERI-2-KELAS-7-SMP-TK-SEMESTER-GANJIL-TA-2023-2024

By diah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *