Peserta didik dapat memanfaatkan aktivitas variasi gerak spesifik passing bawah, passing atas, service bawah, service atas dan bermaian bola voli dalam kehidupan nyata sehari-hari. Contohnya Ketika peserta didik dihadapkan pada kegiatan pertandingan bola voli baik di lingkungan rumah dan sebagainya, perlu peserta didik untuk menguasai Gerakan-gerakan tersebut
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan dan menganalisis gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga, aktivitas variasi gerak spesifik passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas serta bermain dengan peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola voli, sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan meregulasi dan menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagai, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan meregulasi diri, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. |
KEGIATAN
- Persiapan mengajar
Hal-hal yang harus dipersiapkan guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran antara lain sebagai berikut:
- Membaca kembali Modul Ajar yang telah dipersiapkan guru sebelumnya.
- Membaca kembali buku-buku sumber yang berkaitan dengan permainan bola voli
- Menyiapkan alat pembelajaran, diantaranya:
- Bola untuk permianan Bola tangan atau bola sejenisnya (bolavoli, bola futsal, bola terbuat dari plastik, karet, dll).
- Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya (lapangan futsal, lapangan bola voli atau halaman sekolah) yang aman.
- Tiang net dan nat atau tali dengan bambu.
- Penanda Cones.
- Peluit dan stopwatch.
- Lembar Kegiatan Peserta Didik (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas gerak.
- Kegiatan pengajaran
Langkah-langkah kegiatan pengajaran antara lain sebagai berikut:
- Kegiatan pendahuluan (15 Menit)
- Guru meminta salah seorang peserta didik untuk menyiapkan barisan di lapangan sekolah dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada peserta didik.
- Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa, dan peserta didik berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing.
- Guru memastikan bahwa semua peserta didik dalam keadaan sehat, bila ada peserta didik yang kurang sehat (sakit), maka guru meminta peserta didik tersebut untuk berisitirahat di kelas.
- Guru memotivasi peserta didik untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajukan pertanyaan tentang manfaat olahraga bagi kesehatan dan kebugaran.
- Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, dengan cara tanya jawab.
- Guru menjelaskan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik setelah proses pembelajaran (seperti yang tercantum dalam indikator ketercapaian kompetensi) disertai dengan penjelasan manfaat dari kegiatan bermain bola voli: misalnya bahwa bermain bola voli adalah salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani.
- Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari yaitu: aktivitas variasi gerak spesifik passing bawah, passing atas, servis bawah, service atas serta bermain permainan secara sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola voli
- Guru menjelaskan teknik asesmen untuk kompetensi aktivitas gerak spesifik permainan bola voli, baik kompetensi sikap (profil Pelajar Pancasila) dengan observasi dalam bentuk jurnal, yaitu pengembangan nilai-nilai karakter gotong royong dan mandiri, kompetensi pengetahuan: menganalisis aktivitas variasi gerak spesifik passing bawah, passing atas, servis bawah, service atas serta bermain dengan peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola voli, menggunakan tes tertulis, dan kompetensi terkait keterampilan yaitu: mempraktikkan aktivitas variasi gerak spesifik passing bawah, passing atas, servis bawah, service atas serta bermain dengan peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola voli dengan menekankan pada pengembangan nilai-nilai karakter antara lain: gotong royong dan mandiri.
- Dilanjutkan dengan pemanasan agar peserta didik terkondisikan dalam materi yang akan diajarkan dengan perasaan yang menyenangkan. Pemanasan dalam bentuk game antara lain:
- Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok besar (peserta didik putera dan puteri dibagi sama banyak). Kalau jumlah peserta didik 32 orang, maka satu kelompok terdiri dari 8 peserta didik.
- Cara bermain: (1) masing-masing kelompok berusaha memindahkan bola secara berantai , (2) Bola dipindahkan dari depan barisan sampai dengan jarak 20 meter secara bergantian, (3) Bola dipindahkan secara beranting dari depan ke belakang, (4) aktivitas ini dapat melatih kekompakan dan kecepatan kelompok
- Berdasarkan pengamatan guru pada game, dipilih sejumlah peserta didik yang dianggap cukup mampu untuk menjadi tutor bagi temannya dalam aktivitas berikutnya. Mereka akan mendapat anggota kelompok dari peserta didik yang tersisa dengan cara berhitung sampai angka sejumlah peserta didik yang terpilih (misalnya 8 orang). Maka jika terdapat 32 peserta didik, setiap kelompok akan memiliki anggota 8 orang.
- Dalam pembelajaran ini disamping dapat mengembangkan elemen keterampilan gerak dan pengetahuan gerak, peserta didik juga diharapkan dapat mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada eleman Gotong Royong dan Mandiri dengan meregulasi dan menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagai, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan meregulasi diri, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
- Kegiatan Inti (55 Menit)
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran inti dengan prosedur sebagai berikut:
- Peserta didik menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas aktivitas passing bawah, passing atas, service bawah, service atas.
- Peserta didik melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran, yaitu: aktivitas variasi gerak spesifik passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas serta bermain dengan peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola voli. Secara rinci tugas ajar aktivitas variasi gerak spesifik aktivitas variasi gerak spesifik passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas serta bermain dengan peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut:
Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan variasi gerak dalam permainan bola voli. Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur passing bawah, pasiing atas, service bawah, service atas, smash, dan bermain bola voli dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru
Bentuk-bentuk aktivitas passing bola voli, antara lain sebagai berikut:
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik passing bawah dengan berpasangan
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Cara melakukannya:
- Siswa dibentuk berpasangan (2 Siswa) berhadapan dengan jarak sekitar 4 meter
- Siswa 1ertugas mempraktikkan passing bawah
- Siswa 2 bertugas menangkap dan melempar bola voli kepada siswa 1
- Siswa 1 dan siswa 2 bergantian tugas jika telah menyelesiakn 50 kali passing bawah
- Aktivitas Pembelajaran ini dilakukan secara berulang-ulang selama 10 menit.
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik passing bawah bergerak ke samping kiri-kanan dengan menyentuh cones (penanda)
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Cara melakukannya:
- Atur siswa seperti pada gambar diatas
- Siswa 1 bertugas mempraktikkan passing bawah dengan berjalan menyamping dan mempraktikkan passing bawah setelah menyentuh cones/penanda pada bagian kiri maupun kanan
- Siswa 2 bertugas menangkap dan melempar bola voli kepada siswa 1
- Siswa 1 dan siswa 2 bergantian tugas jika telah menyelesiakn 50 kali passing bawah
- Guru bertugas memberikan motivasi agar aktivitas pembelajaran ini dapar berjalan dengan baik
- Aktivitas Pembelajaran ini dilakukan secara berulang-ulang selama 10 menit.
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik passing bawah melalui atas net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Cara melakukannya:
- Melakukan passing bawah melalui atas net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan atau formasi berbanjar ke belakang.
- Bola dilambung teman dilanjutkan dengan passing langsung (bola tanpa dilambung teman), yang telah melakukan gerak melambung pindah tempat.
- Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 5-10 menit.
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik passing atas dengan berpasangan
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Cara melakukannya:
- Siswa dibentuk berpasangan (2 Siswa) berhadapan dengan jarak sekitar 4 meter
- Siswa 1ertugas mempraktikkan passing atas
- Siswa 2 bertugas menangkap dan melempar bola voli kepada siswa 1
- Siswa 1 dan siswa 2 bergantian tugas jika telah menyelesiakn 50 kali passing atas
- Aktivitas Pembelajaran ini dilakukan secara berulang-ulang selama 10 menit.
- Pembelajaran ini menekankan pada nilai-nilai: profil Pelajar Pancasila eleman Gotong royong dan mandiri.
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada Aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik passing atas bergerak ke samping kiri-kanan dengan menyentuh cones (penanda)
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Panduan Pelaksanaan:
- Atur siswa seperti pada gambar diatas
- Siswa 1 bertugas mempraktikkan passing bawah dengan berjalan menyamping dan mempraktikkan passing bawah setelah menyentuh cones/penanda pada bagian kiri maupun kanan
- Siswa 2 bertugas menangkap dan melempar bola voli kepada siswa 1
- Siswa 1 dan siswa 2 bergantian tugas jika telah menyelesiakn 50 kali passing bawah
- Guru bertugas memberikan motivasi agar aktivitas pembelajaran ini dapar berjalan dengan baik
- Aktivitas Pembelajaran ini dilakukan secara berulang-ulang selama 10 menit.
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik passing atas melalui atas net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Panduan Pelaksanannya:
- Melakukan passing bawah melalui atas net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan atau formasi berbanjar ke belakang.
- Bola dilambung teman dilanjutkan dengan passing langsung (bola tanpa dilambung teman), yang telah melakukan gerak melambung pindah tempat.
- Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 5-10 menit.
Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik passing bawah dan passing atas dalam permainan bola voli, peserta didik diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan, kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaiki-nya dalam melakukan aktivitas pembelajaran varasi gerak spesifik passing bawah dan passing atas dalam permainan bola voli, kemudian laporkan hasil capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas kepada guru.
Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik passing bawah dan passing atas permainan bola voli, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik servis bawah dan servis atas permainan bola voli serta bentuk variasi aktivitas passing bawah dan passing atas bola voli. Bentuk-bentuk aktivitas gerak spesifik servis bawah dan servis atas permainan bola voli, antara lain sebagai berikut:
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada Aktivitas pembelajaran memukul bola ke depan bawah menngunakan telapak tangan
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Panduan Pelaksanaanya:
- Memukul-mukul bola ke lantai dengan telapak tangan rapat.
- Pembelajaran dilakukan di tempat dilanjutkan dengan gerak maju- mundur dan menyamping, perorangan/kelompok.
- Pembelajaran ini dilakukan berulang-ulang selama 5 menit.
- Pembelajaran dilakukan di tempat dilanjutkan dengan gerak maju- mundur dan menyamping, perorangan/kelompok.
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada Aktivitas pembelajaran Gerakan service bawah perpasangan
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Cara melakukanya:
- Siswa dibentuk berpasangan (2 Siswa) berhadapan dengan jarak sekitar 10 meter
- Siswa 1 bertugas mempraktikkan service bawah melambung samapai ke siswa 2
- Siswa 2 bertugas menerima bola hasil service bawah siswa 1 dengan passing bawah
- Siswa 1 dan siswa 2 bergantian tugas jika telah menyelesiakn 10-20 kali service bawah
- Aktivitas Pembelajaran ini dilakukan secara berulang-ulang selama 10 menit.
- Siswa 1 bertugas mempraktikkan service bawah melambung samapai ke siswa 2
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada aktivitas pembelajaran Gerakan service atas berpasangan
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Cara melakukanya:
- Siswa dibentuk berpasangan (2 Siswa) berhadapan dengan jarak sekitar 10 meter
- Siswa 1 bertugas mempraktikkan service atas melambung sampai ke siswa 2
- Siswa 2 bertugas menerima bola hasil service atas siswa 1 dengan passing bawah
- Siswa 1 dan siswa 2 bergantian tugas jika telah menyelesiakn 10-20 kali service atas
- Aktivitas Pembelajaran ini dilakukan secara berulang-ulang selama 10 menit.
- Siswa 1 bertugas mempraktikkan service atas melambung sampai ke siswa 2
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada Aktivitas pembelajaran Gerakan memukul-mukul bola melewati Net/tali
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Cara melakukanya:
- Melakaukan servis bawah melalui atas net atau tali yang dipasang melintang, pertama dari jarak 3 meter (garis serang).
- Kedua dari jarak 6 meter dan terakhir dari belakang garis lapangan.
- Pembelajaran dilakukan secara berkelompok.
- Pembelajaran ini dilakukan berulang-ulang selama 5 menit.
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada Aktivitas pembelajaran variasi passing atas dan bawah bergerak maju, mundur dan menyamping
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Cara melakukanya:
- Aktivitas pembelajaran diawali dengan melambungkan bola oleh teman dari depan.
- Pembelajaran dilakukan secara berpasangan atau berkelompok.
- Lakukan aktivitas pembelajaran ini 5 – 10 menit.
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada Aktivitas pembelajaran variasi passing atas dan bawah secara langsung dalam formasi lingkaran
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Cara melakukanya:
- Aktivitas pembelajaran diawali dengan melambungkan bola oleh teman yang berada ditengah-tengah lingkaran.
- Setelah melakukan passing bergerak berpindah, dari pinggir lingkaran berpindah ke tengah lingkaran.
- Kemudian dari tengah lingkaran berpindah ke pinggir lingkaran.
- Lakukan aktivitas pembelajaran ini 5 – 10 menit.
Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik servis bawah dan servis atas, serta variasi passing bawah dan passing atas, peserta didik diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan, kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan aktivitas pembelajaran variasi gerak spesifik servis bawah dan servis atas, serta variasi passing bawah dan passing atas,, Kemudian laporkan hasil capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas kepada guru.
Setelah peserta didik melakukan aktivitas pada pertemuan 2, pembelajaran variasi gerak spesifik passing bawah dan passing atas permainan bola voli, dilanjutkan dengan mempelajari variasi gerak spesifik servis bawah dan servis atas permainan bola voli serta bentuk variasi aktivitas passing bawah dan passing atas Bolavoli. Bentuk-bentuk aktivitas gerak spesifik servis bawah dan servis atas permainan bola voli, antara lain sebagai berikut:
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada aktivitas pembelajaran bermain bola voli dengan memainkan bola melewati net secara berkelompok
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Cara melakukknya:
- Dua regu saling berhadapan dengan dibatasi tali yang terentang ditengah-tengah.
- Bola harus dilemparkan sedemikian rupa, sehingga jatuh ke lantai di bidang permainan lawan dan diusahakan dapat menyulitkan untuk ditangkap dan dilemparkan kembali oleh lawan.
- Bola yang datang dari pihak lawan harus dipantulkan ke atas (passing atas), setelah itu baru boleh ditangkap teman seregu dan dilemparkan kembali.
- Pemain yang menerima bola dari daerah lawan melakukan passing atas ke pemain berikut yang melakukan passing atas lagi ke pemain ketiga atau pertama. Pemain ini yang boleh menangkap bola dan mengembalikannya ke daerah lawan.
- Penangkap bola tidak boleh melemparkannya, tetapi setelah menangkapnya lalu melambungkan dan kemudian mengembalikannya ke daerah lawan dengan passing atas. Dengan pengaturan khusus ini permainan menjadi lebih lambat, tetapi memaksa diadakannya pengoperan ke depan (apabila bola tidak boleh dibawa sambil berlari).
- Lama permainan 10 – 15 menit.
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada aktivitas pembelajaran bermain bola voli dengan memainkan bola menggunakan sentuhan ganda secara berkelompok
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur kegiatan ini dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.
Cara melakukannya:
- Tim A menempatkan pemainnya di lapangan B sebanyak 2 Dua regu saling berhadapan dengan dibatasi tali yang terentang ditengah-tengah.
- Pemain yang menerima bola dari lawan harus mengoperkannya dulu ke teman seregu, yang kini boleh langsung mengembalikan ke lapangan lawan.
- Sentuhan ganda merupakan cara pengoperan wajib. Menangkap dan melempar bola dihitung sebagai kesalahan, begitu pula passing atas langsung ke teman seregu atau ke lapangan lawan.
- Kesalahan lain: bola menyentuh lantai atau tali. Pemain menginjak lapangan yang merupakan daerah lawan (melampaui garis tengah), atau menyentuh tali.
- Lemparan pada awal permainan dan setelah lawan melakukan kesalahan, dilakukan dari sebelah luar garis belakang. Lemparan dilakukan dari bawah dengan kedua tangan.
- Regu yang paling dulu mencapai 15 angka (dengan selisih paling sedikit 2 angka dari lawan), itulah yang menang.
- Dalam permainan ini teknik passing atas bisa dinilai dengan lebih kritis. Di samping gerak meraup (kedua jari kelingking berdekatan), gerak menolak bola dengan pelan atau menepuk juga dinilai sebagai kesalahan.
- Lama permainan 10 – 15 menit.
- Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak pada aktivitas pembelajaran bermain bola voli dengan menangkap dan menolak bola dilanjutkan dengan Teknik passing atas dan bawah 2 kali sentuhan secara berkelompok
Cara melakukannya:
- Permainan dimulai dengan lemparan melalui atas net.
- Bola yang dilempar lawan harus ditangkap dengan posisi passing atas dan ditolakkan ke atas.
- Lakukan passing atas/bawah 2 kali gerakan (sentuhan) kemudian diumpan ke arah teman satu lapangan.
- Setelah bola dimainkan oleh 3 orang pada satu lapangan, seberangkan bola ke lapangan lawan.
- Lama permainan 10 – 15 menit.
Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran permainan bola voli sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, peserta didik diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan, kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan permainan bola voli sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi. Kemudian laporkan hasil capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau buku tugas kepada guru.
- Guru mengamati seluruh gerakan peserta didik secara individu maupun kelompok.
- Seluruh permainan bola voli sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, peserta didik diawasi dan diberikan koreksi oleh guru apabila ada kesalahan gerakan.
- Peserta didik secara individu dan dan kelompok melakukan permainan bola voli sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi sesuai dengan koreksi oleh guru.
- Seluruh aktivitas permainan bola voli sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, peserta didik setelah diberikan umpan balik diamati oleh guru secara individu maupun kelompok.
- Peserta didik secara individu, berpasangan, dan atau kelompok melakukan aktivitas permainan bola voli sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi sesuai dengan koreksi yang diberikan oleh guru.
- Guru mengamati seluruh aktivitas peserta didik dalam melakukan aktivitas permainan bola voli sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi secara seksama. Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
- Kegiatan Penutup (10 menit)
- Salah seorang peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
- Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan aktivitas pembelajaran.
- Guru menginformasikan kepada peserta didik, kelompok dan peserta didik yang paling baik penampilannya selama pembelajaran permainan bola voli.
- Guru menugaskan peserta didik yang terkait dengan pembelajaran yang telah dilakukan untuk membaca dan membuat kesimpulan tentang aktivitas variasi gerak spesifik passing atas, passing bawah, service atas, servis bawah, hasilnya dijadikan sebagai tugas penilaian penugasan.
- Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.
- Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, dan bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.
ASSESMENT
- Asesmen Sikap
Penilaian Pengembangan Karakter (Dimensi Mandiri dan Gotong Royong)
- Petunjuk Penilaian (Lembar Penilaian Sikap Diri)
- Isikan identitas kalian.
- Berikan tanda cek (√) pada kolom “Ya” jika sikap yang ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap Kalian, dan “Tidak” jika belum sesuai.
- Isilah pernyataan tersebut dengan jujur.
- Hitunglah jumlah jawaban “Ya”.
- Lingkari kriteria Sangat Baik, Baik, atau Baik sesuai jumlah “Ya” yang terisi.
- Rubrik Asesmen Sikap
No | Pernyataan | Ya | Tidak | ||
1. | Saya membuat target penilaian yang realistis sesuai kemampuan dan minat belajar yang dilakukan. | ||||
2. | Saya memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan yang dihadapi. | ||||
3. | Saya menyusun langkah-langkah dan strategi untuk mengelola emosi dalam pelaksanaan belajar. | ||||
4. | Saya merancang strategi dalam mencapai tujuan belajar. | ||||
5. | Saya mengkritisi efektivitas diri dalam bekerja secara mandiri dalam mencapai tujuan. | ||||
6. | Saya berkomitmen dan menjaga konsistensi dalam mencapai tujuan yang telah direncanakannya. | ||||
7. | Saya membuat tugas baru dan keyakinan baru dalam melaksanakannya. | ||||
8. | Saya menyamakan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan tujuan kelompok. | ||||
9. | Saya memahami hal-hal yang diungkapkan oleh orang lain secara efektif. | ||||
10. | Saya melakukan kegiatan kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya dapat saling membantu. | ||||
11. | Saya membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama. | ||||
12. | Saya tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya di masyarakat. | ||||
13. | Saya menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu. | ||||
14. | Saya mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat. | ||||
Sangat Baik | Baik | Perlu Perbaikan | |||
Jika lebih dari 10 pernyataan terisi “Ya” | Jika lebih dari 8 pernyataan terisi “Ya” | Jika lebih dari 6 pernyataan terisi “Ya” | |||
- Asesmen Pengetahuan
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | Kriteria Penilaian |
Tes Tulis | Pilihan ganda dengan 4 opsi | 1. Doronglah kedua lengan kearah datangnya bola bersamaan dengan itu kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan. Perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan. Gerak spesifik keterampilan Gerakan tersebuat merupakan gerak apa Gerak Pelaksanaan passing bawah bola voliGerak lanjutan passing bawah bola voliGerak spesik menangkap bolaGerak melempar bola lengkung (kaitan) Kunci: A. Gerak pelaksanaan passing bawah bolavoli | Jawaban benar mendapatkan skor 1 dan salah 0. |
Uraian tertutup | 1. Jelaskan urutan cara meakukan gerak spesifik passing bawah bola voli Kunci: Dorongkan kedua lengan menyongsong arah datangnya bolaBersamaan dengan itu kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkatUsahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badanPerkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan | Mendapatkan skor; 4, jika seluruh urutan dituliskan dengan benar dan isi benar. 3, jika urutan dituliskan salah tetapi isi benar. 2, jika sebagian urutan dituliskan dengan benar dan sebagian isi benar. 1, jika urutan dituliskan salah dan sebagian besar isi salah. |
- Penilaian Keterampilan
- Tes kinerja aktivitas variasi gerak spesifik passing bolavoli
- Butir Tes
Lakukan aktivitas variasi gerak spesifik passing permainan bola voli. Unsur- unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk).
- Petunjuk Penilaian
Berikan (angka) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan gerak spesifik yang diharapkan.
- Rubrik Penilaian Keterampilan Gerak
Contoh lembar penilaian proses gerak untuk perorangan (setiap peserta didik satu lembar penilaian).
REFERENSI
Muhajir. 2017. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk SMP/M.Ts Kelas VIII. Bogor : Penerbit Yudhistira.
Muhajir. 2017. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk SMP/M.Ts Kelas VIII. Bogor : Penerbit Yudhistira.
Muhajir. 2020. Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk SMP/M.Ts Kelas VIII. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud.
Muhajir. 2020. Belajar dan Berlatih Permainan Bola Voli. Bandung: Sahara Multi Trading.
Tim Direktorat SMP. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tim Direktorat SMP. 2016. Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
LAMPIRAN