Deskripsi
KOMPETENSI AWAL : Peserta didik mampu membaca dan merespon teks familiar dan tidak familiar yang mengandung struktur yang telah dipelajari dan kosakata yang familiar secara mandiri.
Informasi Umum
PROFIL PELAJAR PANCASILA:
-Beriman, bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak mulia
-Bernalar kritis
-Kreatif
SARANA DAN PRASARANA:
-Media : Powerpoint tentang Telling Time Video Pembelajaran (https://www.youtube.com/watch?v=fq2tRfHu5s8)
-Alat dan Bahan : Laptop, infocus, whiteboard, spidol, lembar kerja
TARGET PESERTA DIDIK:
Target yang ingin dicapai yaitu seluruh peserta didik di kelas tersebut dengan berbagai kemampuan, yaitu peserta didik reguler, peserta didik cerdas istimewa, dan peserta didik yang memiliki hambatan dalam belajar.
MODEL PEMBELAJARAN:
-Model : Problem Based Learning (PBL)
-Metode : Ceramah, presentasi, dan tanya jawab.
PEMAHAMAN BERMAKNA & PERTANYAAN PEMANTIK:
Pemahaman bermakna : Menyebutkan waktu dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan pemantik : Sekarang waktu menunjukkan pukul 08.30. How do we say it in English?
REFLEKSI PESERTA DIDIK & PENDIDIK:
Menarik kesimpulan secara keseluruhan dari materi Telling Time dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.
Memberikan evaluasi dalam bentuk penugasan terstruktur (PR)
Mengevaluasi proses pembelajaran : Memastikan seluruh peserta didik untuk memahami materi, tercapai atau tidak tercapainya tujuan pembelajaran (bagi guru)
Tujuan Pembelajaran
-Peserta didik mampu menjelaskan cara menyebutkan waktu
-Peserta didik mampu mengaitkan cara menyebutkan waktu dengan kegiatan sehari-hari
Kegiatan
1. Pendahuluan
-Guru mengucapkan salam, mengecek kesiapan dan kehadiran dalam pembelajaran,
-Guru dan peserta didik berdoa sebelum pembelajaran dimulai, kemudian memberikan motivasi.
-Guru memberikan pertanyaan pemantik terkait materi yang akan dibahas. Misal: Sekarang waktu menunjukkan pukul 08.30. How do we say it in English?
-Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanggapi pertanyaan tersebut.
-Guru menguatkan jawaban peserta didik terkait pertanyaan pemantik kemudian menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut
-Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh peserta didik
2. Kegiatan Inti
-Guru memberikan penjelasan tentang Telling time
-Guru memenayangkan video mengenai tata cara menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
-Peserta didik diberikan worksheet yang harus dikerjakan.
-Peserta didik menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris dengan pelafalan yang benar.
3. Penutup
-Guru dan peserta didik menyimpulkan poin-poin penting pada pertemuan ini.
-Guru menyampaikan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dirumah.
-Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya,termasuk pembahas tugas
-Guru menutup pembelajaran dengan membaca doa serta mengucapkan salam.
Asesmen
Sikap : melakukan observasi
~ spiritual : mengucapkan salam, berdoa.
~ sosial : hadir tepat waktu dan keaktifan dalam pembelajaran.
Pengetahuan : penugasan
~ mengisi lembar kerja yang telah disediakan. (LK terlampir)
Keterampilan : membuat jenis jam beserta penjelasan yang sesuai
Lampiran
GLOSARIUM
Half past : Penanda waktu lebih setengah (dalam digital ….30)
O-clock : Penanda waktu PAS (dalam digital ….00)
Quarter to : Penanda waktu kurang seperempat (dalam digital …..45)
Quarter past : Penanda waktu lebih seperempat ( dalam digital …..15)
Telling Time : Menyebutkan waktu
DAFTAR PUSTAKA
Damayanti, I. dkk. 2022. Buku Guru English for Nusantara SMp/MTS
KELAS VII. Jakarta: Puskurbuk Kemendikbudristek.
Damayanti, I. dkk. 2022. Buku Siswa English for Nusantara SMp/MTS
KELAS VII. Jakarta: Puskurbuk Kemendikbudristek.
LAMPIRAN LKPD DAN ASESMEN TERLAMPIR DALAM PDF
Dokumen Pendukung:MODUL AJAR FASE D KLS 7 TIME.pdf
Penulis: Ismy Fauziah Ainun, S.S.,Gr | GMP Bahasa Inggris Kelas 7 dan 9