Melalui berbagai kegiatan dalam topik mengenai Zat dan Perubahannya ini, pelajar
bukan saja memiliki pemahaman konsep Sains mengenai zat dan sifatnya saja,
namun juga mereka mengembangkan kemampuan bernalar kritis, yang dicapai
melalui pengalaman belajar secara inkuiri
Informasi Umum
a. Apakah zat itu?
b. Mengapa zat memiliki sifat yang berbeda-beda?
c. Bagaimana perubahan bentuk dapat terjadi pada zat?
d. Bagaimana pengaruh massa jenis benda terhadap peristiwa mengapung,
melayang atau tenggelam dalam suatu cairan?
e. Bagaimana merancang percobaan untuk menyelidiki suatu faktor yang
memengaruhi perubahan wujud zat, dalam hal ini waktu melelehnya es?
f. Apa teori mengenai perubahan zat yang sesuai untuk menganalisis hasil
percobaan yang telah dirancang sendiri?
faktor yang memengaruhi waktu melelehnya es?
Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan keadaan partikel dalam zat padat, cair dan gas.
- Peserta didik mampu mendeskripsikan peristiwa difusi dalam zat cair dan gas dalam keseharian.
- Menerapkan konsep pergerakan partikel dalam menjelaskan fenomena
yang terjadi di sekitar pelajar - Peserta didik mampu menjelaskan proses perubahan wujud zat dalam skala partikel.
- Peserta didik mampu menginterpretasi wujud zat pada suhu yang bervariasi berdasarkan
data titik didih dan titik leleh. - Peserta didik mampu menganalisis data titik didih dan titik leleh.
- Peserta didik mampu membedakan perubahan isika dan kimia.
- Peserta didik mampu mendeskripsikan siklus air dalam kaitannya dengan perubahan wujud
zat.
Pertanyaan Pemantik
. 1. Bagaimana seandainya semua es di kutub mencir?
- Apa yang dapat kamu lakukan untuk memperlambat mencairnya es di kutub?
Kegiatan Pembelajaran
PENDAHULUAN : · Mempersiapkan alat peraga/media/bahan berupa laptop, LCD projector, speaker active, laptop, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), handphone, kamera, kertas karton, spidol warna atau media lain. · Guru membuka pelajaran dengan salam dan meminta peserta didik untuk berdoa bersama-sama, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan, dan posisi tempat duduk peserta didik. · Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian. Mengkondisikan peserta didik agar duduk sesuai kelompoknya masing-masing. |
KEGIATAN INTI – Guru meminta peserta didik untuk mengamati infograis. Infograis tersebut berisi materi tentang materi yang terdapat pada buku pelajaran – Guru memberikan informasi tambahan untuk memperkuat pemahaman peserta didik terhadap infografis tersebut. – Guru meminta peserta didik untuk mengamati materi/gambar/video/slide dan menuliskan pesan-pesan moral pada setiap gambar. – Guru meminta peserta didik untuk membaca kisah inspiratif terkait dengan materi pelajaran. – Peserta didik diminta menuliskan materi tersebut di buku masing-masing. – Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk mulai membahas materi pelajaran dan aktivitas-aktivias di dalamnya. – Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk belajar dan berdiskusi mengenai |
KEGIATAN PENUTUP – Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan – Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan |
Assesmen
Penilaian Sikap
Penilaian sikap ini dilakukan melalui pengamatan (observasi) Guru selama kegiatan pembelajaran Penilaian ini dilakukan agar Guru melihat sikap perilaku peserta didik dalam menjaga hidup bersama di masyarakat pada kehidupan sehari-hari (civic disposition), seperti sopan santun, percaya diri, dan bertoleransi.
Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilaksanakan melalui tes setelah kegiatan pembelajaran berlangsung. Penilaian pengetahuan diberikan dalam bentuk pilihan ganda, benar salah, maupun esai. Penilaian pengetahuan ini bertujuan agar Guru mampu melihat pengetahuan yang telah dikuasai peserta didik dalam kegiatan.
Penilaian Hasil Belajar
Penilaian ini dilakukan melalui pengamatan (observasi) Guru selama kegiatan
pembelajaran berlangsung. Penilaian ini bertujuan agar guru dapat melihat
kemampuan peserta didik dalam soft skill-nya.
Refleksi Guru
Refleksi Guru merupakan penilaian yang dilakukan oleh Guru itu sendiri atas
pembelajaran yang telah dilaksanakan mulai dari mempersiapkan melaksanakan
hingga mengevaluasi kegiatan pembelajaran.
Refleksi Guru ini bertujuan untuk menilai kekurangan dari kegiatan pembelajaran yang kemudian dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pembelajaran
Referensi
bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_7smp/siswa/Kelas_07_SMP_Ilmu_Pengetahuan_Alam_IPA_S1_Siswa_2021