Detil Mata Pelajaran
BAHASA INGGRIS
DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP TULUS KARTIKA

Sekilas
Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran yang terdiferensiasi dan kokurikuler melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau disingkat dengan P5. P5 adalah sistem pembelajaran yang bertujuan untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan di sekitar melalui lima aspek utama, yaitu: potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial. Kurikulum Merdeka P5 memanfaatkan metode pembelajaran yang interaktif dan memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Kurikulum Merdeka juga memiliki keunggulan yaitu lebih sederhana artinya fokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak teburu-buru dan menyenangkan. Dengan demikian, siswa diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan minat belajarnya, hal ini bertujuan untuk membentuk siswa dengan jiwa kompetensi dan karakter yang baik.
Berdasarkan aturan pada Kurikulum Merdeka, jenjang SMP termasuk dalam fase D. Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di fase D ini, bertujuan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi berbahasa Inggris dalam bentuk lisan maupun tulisan. Kemampuan berkomunikasi ini meliputi mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking).
Selain itu, tujuan pembelajaran bahasa Inggris adalah agar siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris sebagai bagian dari keterampilan berbahasa asing secara global. Pembelajaran bahasa Inggris dalam kurikulum merdeka difokuskan pada penguatan kemampuan berbahasa Inggris dalam enam keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan. Keenam keterampilan tersebut dibagi menjadi tiga capaian per-elemen: Menyimak-Berbicara (Listening-Speaking), Membaca-Memirsa (Reading-Viewing), dan Menulis-Mempresentasikan (Writing-Presenting). Ketiga capaian per-elemen ini dipadukan dalam berbagai jenis teks yang akan dipelajari pada saat pembelajaran baik dikelas maupun pada saat kegiatan P5.
Ismy Fauziah Ainun, S.S., Gr
GMP Bahasa Inggris
Apa yang akan Kamu Pelajari?
- Menyimak
- Memperhatikan dan mendengarkan dengan baik sumber bahasa yang disajikan oleh guru atau media lainnya
- Mengidentifikasi informasi utama dan rincian dari sumber bahasa yang didengarkan
- Menggunakan strategi menyimak yang sesuai dengan tujuan dan jenis teks yang didengarkan, seperti prediksi, inferensi, penalaran, dan pengecekan
- Menjawab pertanyaan atau tugas yang berkaitan dengan sumber bahasa yang didengarkan dengan benar dan tepat
- Memberikan umpan balik atau tanggapan terhadap sumber bahasa yang didengarkan dengan sopan dan kritis
- Berbicara
- Memperkaya kosakata dan struktur bahasa yang sesuai dengan topik dan tujuan berbicara
- Menggunakan pengucapan, intonasi, dan aksen yang jelas dan benar dalam berbicara.
- Menggunakan strategi berbicara yang sesuai dengan situasi dan kondisi berbicara, seperti memulai percakapan, mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan, mengatasi kesulitan berbicara, dan mengakhiri percakapan.
- Melakukan praktik berbicara dengan guru atau teman sebaya dengan menggunakan berbagai media atau aktivitas yang menarik dan bervariasi, seperti role play, simulasi, diskusi, presentasi, dan lain-lain
- Menjawab pertanyaan atau tugas yang berkaitan dengan materi berbicara yang disampaikan oleh guru atau media lainnya dengan benar dan tepat
- Memberikan umpan balik atau tanggapan terhadap materi berbicara yang disampaikan oleh guru atau teman sebaya dengan sopan dan kritis
- Membaca
- Memperkaya kosakata dan struktur bahasa yang sesuai dengan topik dan jenis teks yang dibaca.
- Menggunakan strategi membaca yang sesuai dengan tujuan dan jenis teks yang dibaca, seperti skimming, scanning, prediksi, inferensi, penalaran, dan pengecekan
- Mengidentifikasi informasi utama dan rincian dari teks yang dibaca
- Menjawab pertanyaan atau tugas yang berkaitan dengan teks yang dibaca dengan benar dan tepat
- Memberikan umpan balik atau tanggapan terhadap teks yang dibaca dengan sopan dan kritis
- Peserta : +/- 300 siswa
- Durasi : 2 jam per pekan
- Guru : 1
- Kategori : Mapel Wajib
- Kelas : 7-8-9