Jl.Jupiter Tengah 2 No.1, Margahayu Raya, Sekejati, Buahbatu, Kota Bandung

Detil Mata Pelajaran

ILMU PENGETAHUAN ALAM

DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP TULUS KARTIKA

ipa

Sekilas

Mata Pelajaran IPA dalam Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Kurikulum Merdeka memiliki keunggulan yaitu lebih sederhana artinya fokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak teburu-buru dan menyenangkan. Struktur kurikulum di Kurikulum Merdeka didasari tiga hal, yaitu: berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter Pelajar Pancasila.

Ilmu pengetahuan dan teknologi terus dikembangkan untuk menyelesaikan setiap tantangan yang dihadapi. Oleh karena itu, pola pendidikan ilmu pengetahuan alam perlu disesuaikan agar kelak generasi muda dapat menjawab dan menyelesaikan tantangan-tantangan yang dihadapi di masa yang akan datang. Profil pelajar Pancasila dalam struktur kurikulum merdeka, yang diharapkan dimiliki pada setiap peserta didik Indonesia, perlu diperkuat melalui pendidikan IPA.

Ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah aktivitas intelektual dan praktis yang di dalamnya meliputi studi sistematis tentang strukturdan perilaku alam semesta melalui kerja ilmiah. Aktivitas ini memberi pengalaman belajar untuk memahami cara kerja alam semesta melalui pendekatan-pendekatan empiris yang dapat dipertanggungjawabkan.

Di SMP Tulus Kartika, ilmu pengetahuan alam (IPA) menjadi satu mata pelajaran tersendiri agar peserta didik memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mempelajari topik-topik dalam bidang keilmuan fisika, kimia, biologi, serta bumi dan antariksa. Pencapaian pembelajaran IPA diukur dari seberapa kompeten peserta didik dalam menggunakan pemahaman sains dan keterampilan proses (inkuiri; yakni mengamati, mengajukan pertanyaan, mengajukan hipotesis, memilih dan mengelola informasi, merencanakan dan melaksanakan kegiatan aksi serta melakukan refleksi diri), serta mempunyai sikap dan perilaku sehingga peserta didik dapat berkontribusi positif terhadap pengembangan dan kelestarian lingkungannya.

Pelajaran IPA merupakan sarana yang strategis dalam mengembangkan profil pelajar Pancasila. Pembelajaran IPA secara terpadu, bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan dirinya sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan juga dapat:

1. mengembangkan ketertarikan dan rasa ingin tahu sehingga peserta didik terpacu untuk mengkaji fenomena yang ada di sekitar manusia, memahami bagaimana sistem alam semesta bekerja dan memberikan dampak timbal-balik bagi kehidupan manusia;
2. berperan aktif dalam memelihara, menjaga, melestarikan lingkungan alam, mengelola sumber daya alam dan lingkungan dengan bijak;
3. mengembangkan keterampilan proses inkuiri untuk mengidentifikasi, merumuskan hingga menyelesaikan masalah melalui aksi nyata;
4. memahami persyaratan-persyaratan yang diperlukan peserta didik untuk menjadi anggota suatu kelompok masyarakat dan bangsa serta memahami arti menjadi anggota masyarakat bangsa dan dunia, sehingga dia dapat berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan dirinya dan lingkungan di sekitarnya;
5. mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep di dalam IPA serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada dua elemen utama dalam pendidikan IPA yakni pemahaman IPA dan keterampilan proses (inkuiri) untuk menerapkan sains dalam kehidupan sehari-hari. Setiap elemen berlaku untuk empat cakupan konten yaitu makhluk hidup, zat dan sifatnya, energi dan perubahannya, serta bumi dan antariksa.

Dengan Kurikulum Merdeka, diharapkan siswa kelas 7 SMP Tulus Kartika dapat mempelajari materi esensial IPA tersebut diatas dengan lebih bermakna dan menyenangkan serta menerapkan karakter pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran dan juga dalam kehidupan sehari-hari.

Guru Mata Pelajaran IPA

Dwi Wahyu Riyanti, S.Pd.Kim.Gr.

Apa yang akan Kamu Pelajari?

  • Hakikat ilmu sains laboratorium IPA, merancang percobaan, pengukuran dan pelaporan hasil percobaan
  • Zat Wujud zat, perubahan wujud zat, perubahan fisika dan kimia dan kerapatan zat
  • Suhu, Kalor dan pemuaian laboratorium IPA, merancang percobaan, pengukuran dan pelaporan hasil percobaan
  • Gerak dan Gaya Hukum Newton, percobaan laboratorium ttg gerak dan gaya
  • Ciri-ciri makhluk hidup pengelompokan makhluk hidup dan keanekaragaman makhluk hidup
  • Environmentalia Pengaruh lingkungan terhadap organisme, interaksi antar makhluk hidup dan keanekaragaman hayati Indonesia
  • Geofisika Sistem tata surya, bumi dan satelitnya dan matahari
  • Peserta : +/- 300 siswa
  • Durasi : 4 jam per pekan
  • Guru : 2
  • Kategori : Mapel Wajib
  • Kelas : 7-8-9